Ingin Liburan ke Eropa? Intip 9 Kota Termurah bagi Wisatawan di Eropa

Liburan ke Eropa bisa terdengar seperti impian yang mahal bagi banyak wisatawan beranggaran rendah. Namun, dengan sedikit riset dan perencanaan cerdas, Anda bisa mendapatkan nilai terbaik dari uang Anda di sejumlah kota dan tujuan yang terjangkau di seluruh benua ini.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan 9 tempat paling murah untuk dikunjungi di Eropa berdasarkan biaya hidup, makanan, dan penginapan, sehingga Anda bisa merencanakan liburan Eropa yang menakjubkan tanpa membebani dompet Anda.

Baca juga: 9 Destinasi Wisata Luar Negeri yang Bebas Visa

1. Krakow, Polandia

Kota bersejarah Krakow di Polandia selatan menawarkan pesona dan keanggunan Eropa Tengah dengan harga yang jauh lebih murah daripada banyak tujuan utama lainnya. Pusat kota tua-nya yang terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dipenuhi dengan gereja, kastil, dan taman yang indah untuk dijelajahi.

Penginapan hostel dapat ditemukan dengan mudah di bawah $10 per malam, dan Anda bisa mendapatkan makan siang mengenyangkan di kafe atau warung makan lokal dengan harga sekitar $5. Salah satu daya tarik gratis utama adalah kawasan kehidupan malam di sekitar Plac Nowy yang ramai.

2. Praha, Republik Ceko

Liburan ke Eropa di Kota Praha

Praha, ibu kota Republik Ceko, adalah salah satu destinasi kota termurah jika Anda ingin liburan ke Eropa. Kota ini terkenal dengan arsitektur gotik dan budaya kafe yang menawan, dengan banyak kafe dan pub khas yang menawarkan bir premium dengan harga kurang dari $2 per gelas.

Penginapan hostel murah tersebar di seluruh kota, dan Anda bisa mendapatkan kamar bersama untuk sekitar $15-20 per malam. Jangan lewatkan untuk menjelajahi jalanan dari Prag Castle yang megah dan menyeberangi Jembatan Charles yang terkenal di atas Sungai Vltava.

3. Budapest, Hungaria

Ibukota Hungaria, Budapest, adalah salah satu kota paling menawan di Eropa dengan pemandangan lembah Sungai Danube dan arsitektur eklektik yang menggabungkan gaya baroque, gotik, neo-Renaissance, dan seni nouveau. Namun, kota ini tetap merupakan salah satu destinasi paling terjangkau di benua ini, dengan biaya akomodasi hostel sekitar $10-15 per malam.

Salah satu daya tarik utama adalah kompleks air panas Szechenyi dengan kolam renang termal luar ruangan yang megah, dimana Anda bisa bersantai dengan biaya rendah sekitar $15 untuk akses satu hari. Makanan jalanan dan kedai Hungarian tradisional juga sangat terjangkau.

4. Belgrade, Serbia

Liburan ke Eropa di Kota Belgrade

Kota dinamis di tepi Sungai Danube dan Sava ini dipenuhi dengan tempat makan, kehidupan malam, dan budaya yang menakjubkan dengan harga sangat murah. Penginapan hostel dapat ditemukan mulai dari $10 per malam, dan tur gratis berjalan kaki juga tersedia untuk menjelajahi situs bersejarah.

Belgrade juga terkenal dengan suasana malam yang hidup, dengan banyak bar dan klub dengan minuman yang terjangkau. Sehingga kota ini cocok bagi Anda yang ingin liburan ke Eropa dengan harga yang cukup terjangkau.

5. Gdansk, Polandia

Kota pelabuhan Gdansk di tepi Laut Baltic memiliki sejarah kaya sebagai rumah Gerakan Solidaritas anti-komunis yang membantu mengakhiri Uni Soviet. Pusat kota tua dengan bangunan abad pertengahan sangat terkenal dan menarik untuk dieksplorasi dengan jadwal tur gratis berjalan kaki.

Hostel dan makanan jalanan tersedia dengan harga sangat terjangkau, memungkinkan Anda menikmati kota ini tanpa menghabiskan terlalu banyak. Daya tarik lainnya termasuk Kanal Tengah dan Pelabuhan Kota Tua yang tenang.

6. Sarajevo, Bosnia dan Herzegoniva

Ibukota Bosnia Sarajevo

Sarajevo, ibu kota Bosnia dan Herzegovina, adalah kota dengan sejarah dan budaya yang kaya. Perpaduan budaya Timur dan Barat menghasilkan lanskap kota yang menawan penuh dengan masjid, gereja ortodoks, dan warisan Ottoman.

Anda dapat menemukan penginapan hostel yang baik dengan harga sekitar $10-15 per malam, dan warung kopi serta kedai makanan jalanan yang menggiurkan memungkinkan Anda menikmati Sarajevo dengan anggaran ketat. Jangan lewatkan untuk melenakan diri di kuil Ottoman seperti Kuil Gazi Husrev-Beg setelah mengeksplor kota tua dan pasar.

7. Sofia, Bulgaria

Ibukota Bulgaria, Sofia, adalah tujuan murah yang sering diabaikan tapi sangat layak dikunjungi. Kota ini menawarkan campuran masjid, gereja, museum, dan pemandangan pegunungan yang menawan dengan penginapan hostel sekitar $10 per malam dan makanan jalanan yang lezat dengan harga ramah di kantong.

Bebatuan Kuil Boyana yang dihiasi dengan lukisan fresco bergaya Byzantine adalah salah satu atraksi utama, bersama dengan Katedral St. Alexander Nevski yang menakjubkan dan kawasan kota tua Sredets. Kehidupan malam yang hidup di pusat kota juga merupakan daya tarik tersendiri.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Hong Kong yang Wajib Anda Kunjungi

8. Lisbon, Portugal

Lisbon Portugal

Foto: wikipedia

Ibukota Portugal, Lisbon, adalah surga bagi penjelajah anggaran rendah karena iklim Mediterania yang menawan, kehidupan kafe yang hidup, dan sejumlah besar daya tarik gratis seperti beberapa miradors (pemandangan) kota yang indah di atas bukit-bukit kota.

Penginapan hostel dengan harga sekitar $15-25 per malam tersebar di seluruh kota, dan Anda dapat menikmati hidangan seafood segar yang lezat dengan harga sangat terjangkau. Naik trem kereta tua untuk mendaki bukit-bukit kota, jelajahi kawasan Alfama bersejarah, dan kunjungi situs seperti Menara Belem adalah beberapa di antara aktivitas populer dan murah di sini.

9. Riga, Latvia

Riga adalah kota bersejarah cantik di Baltic dengan akomodasi dan makanan yang sangat terjangkau. Hostel berkualitas baik dapat ditemukan dengan harga sekitar $10-15 per malam, dan terdapat banyak warung kopi dan restoran yang menawarkan makanan lezat dengan harga terjangkau.

Riga menawarkan Kartu Diskon Wisatawan yang berguna, yang memberikan akses gratis atau diskon ke berbagai museum, tur, dan atraksi utama. Kota tua Riga adalah daya tarik utama dengan situs seperti Katedral Riga, Menara Sederik, dan Rumah di Kepala Kucing yang bersejarah.

Tempat-tempat ini membuktikan bahwa Anda dapat menikmati budaya, sejarah, dan lanskap yang kaya di benua ini bahkan dengan anggaran terbatas. Dengan memprioritaskan penginapan hostel yang murah, makanan jalanan, dan daya tarik gratis, Anda akan menemukan bahwa liburan ke Eropa bisa menjadi petualangan yang mengesankan dan terjangkau

Recent Post

Apakah Anda membutuhkan bantuan dalam proses imigrasi dan legalitas Anda? Kami di sini untuk membantu Anda dengan pengalaman kami yang luas dalam …

Apakah Anda membutuhkan bantuan dalam proses imigrasi dan legalitas Anda? Kami di sini untuk membantu Anda dengan pengalaman kami yang luas dalam …

Apakah Anda membutuhkan bantuan dalam proses imigrasi dan legalitas Anda? Kami di sini untuk membantu Anda dengan pengalaman kami yang luas dalam …